Search Engine Submission - AddMe

Sabtu, 14 Juli 2012

Tips Berlibur Seorang Diri

liburan!
Libur telah tiba, libur telah tiba
Hore, Hore, Hore
Simpanlah tas dan bukumu
Lupakan keluh kesahmu
Libur telah tiba, libur telah tiba
Hatiku gembira!
Libur Telah Tiba

Bait lagu yang dinyanyikan oleh Tasya ini menyiratkan kebahagian karena saat ini telah masuk musim liburan. Beberapa travel agent dan maskapai penerbangan sudah mempersiapkan masa ini dengan menawarkan promo dan paket-paket liburan menarik.

Diantara berbagai tawaran, mungkin ada yang memeiliki ide untuk liburan sendirian keluarnegeri? Siapatakut, toh sekarang di zaman serba digital, informasi sangat mudah di akses untuk mempersiapkan perjalanankamu agar nyaman walausendirian di negeri orang.




Berikut adalah beberapa tips back packeran sendiri:

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya mengenai tempat yang hendak kamu tuju. Gugling, bing-ing, wikipedia-ing, forum-ing, manfaatkan semua channel. Apa yang perludiketahui? Kalau kamu bepergian tanpa biro travel, berarti cari tahu tempat penginapan, lokasinya bagaimana dan kemudahan akses, transportasi, cuaca pada saat nanti berkunjung, spot-spot menarik, kuliner (jika kamu penyuka wisata kuliner), kebudayaan (jika menyukai event-event kebudayaan dan tradisi setempat), dll.

2. Persiapkan paspor, visa, dsb. Jika ini adalah perjalanan pertama kamu ke luarnegeri dan mengurus paspor sendiri, lagi-lagi rajinlah menggali informasi dari internet tentang tatacara dan teknisnya. Bertanya kepada teman yang sudah pernah mengurus paspor juga disarankan.Tetapi sebelum kamu di-bete-in karena terlalu banyak bertanya, bekali diri terlebih dahulu dengan informasi dari hasil googling.

3. Kalau kamu menggunakan smartphone,maksimalkan gadgetmu untuk kemudahan selama di tempat tujuan. Sekarang ini apasih yang tidak bisa dilakukan oleh smartphone? Cek market/app world gadgetmu, search aplikasi yang mendukung untuk traveling. Seperti misal untuk android, ada kategori khusus untuk travel and local. Install aplikasi-aplikasi dasar seperti travel advisor, maps,dan petunjuk transportasi. Selain itu adajuga aplikasi seperti kamus dan everyday conversation, yang membantu kita untuk berkomunikasi jika kemampuan bahasa asing kita kurang.Jangan lupa untuk membawa cadangan baterainya.

4. Packing yang efektif dan efisien Karena sudah mengetahui cuaca di tempat tujuan dan gambaran mengenai keadaan kotanya, semestinya bisa memperkirakan pakaian seperti apa yang pas dengan kondisi setempat. Karena bepergian sendiri,barang yang dibawajangansampai merepotkanya.Susun check list apa saja yang perlu dibawa, dari obat hingga colokan T.

5. Hubungi teman-teman atau network kamu yang berdomisili di tempat tujuan. Adanya teman sangat membantu jika terjadi apa-apa di tempat asing. Bergabung ke forum/milis atau komunitas sangat membantu untuk mendapatkan teman/kenalan sesama penggemar traveling.Pernah dengar Couch Surfing?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar