Search Engine Submission - AddMe

Sabtu, 14 Juli 2012

Pakai Kontrasepsi Cegah Kematian Ibu Saat Bersalin


New York: Ternyata penggunaan alat kontrasepsi selain membantu program kehamilan yang direncanakan, juga mencegah kematian ibu saat melahirkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Amerika Serikat, kontrasepsi dapat mengurangi kematian ibu saat melahirkan hingga 30 persen.

"Promosi penggunaan kontrasepsi merupakan strategi pencegahan yang efektif utama untuk mengurangi angka kematian ibu di negara berkembang," ungkap Saifuddin Ahmed, salah seorang peneliti. Ia menambahkan, vaksinasi mencegah angka kematian anak, kontrasepsi mencegah kematian ibu."

Untuk memperkirakan kematian ibu dihindari dengan penggunaan kontrasepsi di 172 negara. Penggunaan kontrasepsi mengurangi 272.000 kematian ibu atau 38 kematian per 100.000 perempuan yang menggunakan kontrasepsi.

Perkiraan tersebut setara dengan pengurangan 44 persen pada kematian ibu di seluruh dunia. Penurunan kematian karena penggunaan kontrasepsi untuk tiap negara berkisar antara 7 hingga 61 persen.

Data untuk analisis juga diambil dari database WHO untuk estimasi kematian ibu. Peneliti juga melakukan survei data untuk penggunaan kontrasepsi dan informasi kelahiran, populasi wanita berusia 15 sampai 49 tahun, dan tingkat kesuburan umum pada 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar